Belajar Servis Kulkas yang Sudah Tidak Dingin

  • by

Kulkas yang tidak dingin merupakan masalah yang cukup menjengkelkan. Berikut artikel dari service ac Jakarta tentang cara belajar service kulkas sendiri tanpa bantuan montir.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa fungsi kulkas adalah sebagai alat pendingin, baik itu makanan ataupun benda lain yang butuh anda dinginkan. Lalu bila tidak berfungsinya alat pendingin ini maka kulkas anda bisa digolongkan rusak dan tidak dapat dipakai lagi, maka artikel ini akan membahas tentang Belajar servis kulkas agar kulkas anda dapat digunakan kembali

Ketahui Berbagai Sebab Kulkas Tidak Dingin

Banyak faktor yang menyebabkan kulkas anda tidak lagi dingin, berikut akan kita jabarkan faktor penyebab kulkas anda tidak lagi dingin serta cara mengatasinya.

Faktor penyebab kulkas tidak lagi dingin :

  1. Kebocoran Freon. Freon adalah komponen utama agar kulkas anda menjadi dingin, bila komponen ini bocor maka suplay freon untuk kulkas anda akan berkurang menyebabkan kulkas anda lama kelamaan menjadi tidak dingin.
  2. Filter kulkas yang tersumbat sehingga sirkulasi freon menjadi kurang lancar.
  3. Kerusakan pada bagian listrik, menyebabkan listrik tidak mengalir ke seluruh bagian kulkas menjadikan fungsi kulkas terganggu.
  4. Kerusakan kompresor.
  5. Motor fan yang rusak atau terbakar.

Langkah Service Kulkas

Belajar servis kulkas dengan cara memperbaikinya bila kulkas anda tidak dingin adalah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama anda harus melakukan identifikasi, di bagian manakah kerusakan pada kulkas anda.
  2. Bila kerusakan terjadi pada bagian pipa atau kompresor akan lebih aman bila anda membawanya ke tukang servis saja karena memperbaiki bagian tersebut membutuhkan alat khusus.
  3. Apabila kulkas anda mati karna kerusakan pada bagian listrik anda hanya perlu menggantinya dnegan yang baru.
  4. Untuk memudahkan anda mengecek anda bisa menggunakan multimeter dan arahkan pada ohm.
  5. Jika kerusakan terjadi karena kabel putus atau themostrat rusak anda bisa mengeceknya dengan multimeter lalu memperbaikinya bila memungkinkan, bila tidak anda bisa menggantinya.

Demikianlah artikel tentang Mengenal Komponen Kulkas dan Belajar service kulkas yang sudah tidak dingin.Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu tentang servis kulkas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *