Ciri-Ciri Pantun Yang Harus Diketahui (Pelajaran Bahasa Indonesia)

Pengertian dan Ciri-Ciri Pantun Yang Harus Diketahui (Pelajaran B.Indonesia) – Halo sobat jumpa lagi dengan saya, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa saja ciri-ciri pantun atau yang sering disebut puisi, dan juga contoh dari puisi tersebut, ada banyak sekali ciri-ciri yang harus kita ketahui, khususnya kalian yang masih dalam mempelajari pelajaran bahasa Indonesia. Pelajaran ini sangat mendasar dari mulai SD, SMP, SMA bahkan sampai di bangku kuliah penjelasan mengenai pantun masih tetap sama dan tidak ada perbedaan sama sekali.

 Dalam bahasa Indonesia ada salah satu pelajaran yang disebut pelajaran puisi atau pantun, pantun dapat digunakan untuk memberikan nasehat atau juga himbauan, kepada teman, masyarakat, kekasih dan juga puisi dapat digunakan atau dibuat sebuah buku, maka dalam hal ini akan menjadi sebuah karya ilmiah.

 Puisi terdiri dari empat ciri yang akan saya Sebutkan satu persatu di bawah ini, jadi sebelum melanjutkan ke pembahasan inti perlu diketahui bahwa puisi berasal dari kata patuntun, yang disebut atau dimaksudkan sebagai panutan hidup untuk seseorang, baik yang membaca maupun yang mendengarkan, dalam puisi tersebut tidak hanya berisi tentang nasehat atau juga himbauan ada banyak sekali isi yang dapat diselipkan dalam pantun tersebut, sebagai contoh pantun nasehat, Pantun Cinta, pantun lucu, pantun islami dan masih banyak lagi lainnya.

Ciri-Ciri Pantun

Ciri-Ciri Pantun

Berikut Contoh Dan Ciri-Ciri Pantun

1.  Setiap bait terdiri dari 4 baris

 jika pada prosa kata dalam pengenalan dan juga paragraf untuk setiap rangkaian sebuah kalimat yang berada dalam sebuah pembahasan utama, namun pada puisi berbeda karena lebih akrab dengan penyebutan bait, pada setiap bait biasanya mempunyai isi sebuah kata-kata yang memiliki gagasan dan biasanya mempunyai ciri khas masing-masing, hal ini dapat digolongkan sesuai dengan Jenis puisi tersebut.

 Pada puisi atau pantun yang memiliki ciri khas kuat termasuk dalam puisi lama, penjelasan ini dimaksudkan pada setiap baitnya pasti terdiri dari 4 baris, pada bait-bait ini atau kata-kata yang ada di dalam bait tersebut biasanya dikenal dengan sebutan larik.

2.  Mempunyai 8 sampai 12 suku kata pada setiap baris

 jika kita kembali pada asal mulanya pantun, pantun biasanya tidak dituliskan melainkan diucapkan dengan lisan secara langsung, karena itu pada setiap baris pantun akan dibuat sesingkat mungkin, namun tidak hanya singkat tetapi mempunyai isi yang padat, dengan penjelasan ini maka bisa kita simpulkan pada setiap baris pada pantun akan mempunyai 8 sampai 12 suku kata.

3.  Mempunyai isi dan sampiran

 yang membuat unik pada pantun Salah satunya yaitu memiliki sampiran dan juga isi, dengan demikian pantun akan sangat padat, jelas, dan juga mempunyai makna yang luas, tidak hanya itu saja ja puisi juga memiliki pengantar yang jenaka, pengantar ini sangat erat hubungannya dengan isi, untuk menjabarkan tentang sebuah peristiwa atau juga kebiasaan seseorang, maka pengantar puisi ini biasa disebut dengan sampiran.

 Untuk masalah menempatkan dalam pantun, sampiran biasanya akan sangat ditekankan pada baris pertama dan juga baris kedua, maka pada baris ketiga dan keempat pasti akan diisi dengan penjelasan inti yaitu isi dari pantun tersebut.

4.  Mempunyai irama ab ab

 Irama pada pantun sering disebut dengan sajak, sajak sendiri bisa kita pahami dengan melihat kata-kata yang sesuai yaitu kesamaan bunyi akhiran nya atau juga awalannya, pada jenis puisi lama akan sangat kental dengan irama tersebut, maka sering sekali pantun bisa kita ketahui dengan irama nya AB AB.

 Apakah yang dimaksud dengan irama ab ab yaitu pada baris pertama dan juga baris ketiga akan sama akhirnya, Begitu juga dengan baris kedua dan baris keempat.

 Baiklah sobat demikian penjelasan mengenai apa saja ciri-ciri dari puisi atau pantun yang dapat saya jelaskan secara singkat, Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat diterima dan menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi sobat semuanya harapan saya ilmu yang ada di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.

 Terima kasih sudah mampir dan membaca tulisan saya ini sampai jumpa pada artikel saya lainnya, jangan lupa di share Jika menurut kalian tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *