Pentingnya Motivasi Bagi Kita

motivasi

Pentingnya Motivasi Bagi Kita! Sebelum kita membahas motivasi lebih dalam, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu arti kata motivasi. Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku, menurut Kartini Kartono motivasi menjadi dorongan (driving force) terhadap seseorang agar mau melaksanakan sesuatu.

Motivasi yang ada pada setiap orang tidaklah sama, berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Untuk itu, diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dan hakikat motivasi, serta kemampuan teknik menciptakan situasi sehingga menimbulkan motivasi/dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lain.

Sebuah motivasi bisa membangkitkan semangat sesorang untuk bisa melakukan sesuatu yang lebih baik dari sekarang. Tidak hanya untuk orang yang dalam keadaan terpuruk, namun motivasi diperlukan bagi semua orang untuk mengubah hidupnya menjadi yang lebih baik. Motivasi memegang peran utama bagi kehidupan seseorang, terlebih lagi bagi para entrepreneur. Karena kehidupan ini begitu penuh semangat, maka dari itu penting bagi kita untuk memotivasi diri kita yang mampu membangkitkan keinginan kita dalam mencapai segala tujuan-tujuan kita. Yang kemudian motivasi ini kita gantungkan dalam visi dan misi hidup ataupun bisnis kita. Dengan diiringi motivasi, maka bagi kita akan lebih bersinergi dan memiliki semangat yang luar biasa dalam melakukan setiap tindakan.

Sebenarnya, ketika kita membicarakan masalah motivasi, maka kita mengenal ada 2 (dua) jenis motivasi, yaitu motivasi dari diri sendiri dan motivasi dari orang lain. Tentunya dengan jenis motivasi ini, maka kita dapat mengetahui dan merasakan bahwa keduanya mempunyai peranan penting dalam memberikan dukungan pencapaian keberhasilan hidup, khususnya dalam kegiatan kewirausahaan. Jika motivasi dari diri sendiri merupakan motivasi yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri sendiri sebagai bentuk kesadaran atas pentingnya ikut serta dalam percaturan kehidupan, maka motivasi dari orang lain merupakan kesinergisan kita dengan orang lain. Dan, salah satu motivasi dari luar dapat kita peroleh dari membaca buku tentang motivasi. Dengan artikel motivasi inilah, maka kita dapat mengambil banyak pelajaran untuk dapat mengembangkan diri kita.

Keberadaan motivasi tidak lain adalah untuk dapat mengembangkan diri secara maksimal berbasis pada kemampuan usaha anda. Setiap orang, sebenarnya mempunyai kemampuan untuk berusaha, tetapi dalam konteks usaha komersial, masih banyak orang yang meragukan kemampuan dirinya sendiri. Sehingga semua yang ada dalam kehidupannya hanyalah mimpi.

Itulah beberapa ulasan tentang motivasi. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *