Sertifikasi SMK3 Wajib Untuk Perusahaan Tertentu. Bagaimana Caranya?

Saat ini ada banyak sekali perusahaan yang memerlukan sertifikasi smk3 karena perusahaan-perusahaan ini dituntut oleh pemerintah untuk menjamin keamanan dan keselamatan kerja dari pegawainya. Adapun perusahaan-perusahaan yang dikenakan kewajiban untuk melakukan sertifikasi smk3 adalah perusahaan perusahaan yang mempunyai lebih dari 100 karyawan atau lebih dari 100 buruh.

Walaupun tidak mempunyai karyawan lebih dari 100 akan tetapi jikalau perusahaan tersebut bergerak dibidang yang memerlukan kehati-hatian atau faktor resiko yang tinggi untuk keselamatan kerja, maka perusahaan tersebut juga tetap diwajibkan untuk mengikutkan karyawannya sertifikasi smk3.

Program smk3 ini diwajibkan oleh pemerintah untuk dilakukan oleh perusahaan. Adapun sertifikasi smk3 ini akan memerlukan biaya yang meliputi:

  1. Biaya untuk lembaga pelaksana sertifikat smk3 perusahaan tersebut.
  2. Biaya untuk pengadaan infrastruktur dan perizinan dari lembaga terkait
  3. Baya untuk pelatihan pelatihan k3 dan pelatihan smk3.
  4. Biaya konsultasi
  5. Biaya transportasi dan akomodasi untuk auditor smk3.

Jadi ini adalah biaya-biaya yang harus dibayarkan oleh pemilik perusahaan jika ingin mendapatkan sertifikat smk3. Adapun untuk mengurus pendaftaran smk3 ini perusahaan bisa melakukan tahapan berikut ini:

  1. Anda harus mengajukan permohonan audit ke dinas pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan kementerian tenaga kerja dan transmigrasi ri
  2. pengajuan izin ini harus anda berikan tembusan ke dinas tenaga kerja yang berada di kabupaten ataupun di kota tempat perusahaan anda beroperasi.
  3. Setelah itu anda harus memberikan tembusan surat izin ini ke lembaga pelaksana sertifikasi smk3.
  4. Lembaga pelaksana sertifikasi smk3 ini akan menentukan kapan pelaksanaan dari audit smk3 ini.
  5. Setelah tiba waktu pelaksanaannya maka perusahaan anda akan diaudit ataupun mendapatkan pelatihan pelatihan untuk mendapatkan sertifikat smk3.
  6. Setelah itu barulah perusahaan anda akan mendapatkan sertifikasi smk3

Jadi kurang lebih inilah tahapan-tahapan yang perlu dilalui oleh perusahaan anda jika anda ingin mendapatkan sertifikasi smk3. Untuk informasi selengkapnya tentang sertifikat smk3 ini anda bisa menghubungi atau mengunjungi website website penyedia layanan sertifikat smk3 ini. Hal-hal apa saja yang anda perlukan untuk melakukan sertifikat smk3 untuk perusahaan anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *