Apakah SEO sudah mati? Bagaimana Bersaing Dengan Website Besar?

Buat pembaca yang belum tahu apa itu SEO saya bisa jelaskan seperti ini. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization di mana anda melakukan ini untuk membuat website anda ranking di hasil pencarian Google. SEO ini sudah cukup dikenal di Indonesia sejak tahun 2005.

Hanya saja jangan membandingkan SEO di tahun 2005 dengan SEO hari ini karena robot mesin pencari saat ini sudah benar-benar canggih, jadi semakin banyak teknik yang sudah tidak bisa dilakukan lagi. Dan ini yang membuat banyak orang beranggapan SEO sudah mati.

SEO belum mati

Ini adalah anggapan yang keliru, karena selama masih ada sistem kompetisi untuk memenangkan halaman pertama Google SEO akan selalu ada. Kecuali semuanya nanti sudah hasil pencarian berbayar, barulah SEO akan mati. Jadi saat ini kita perlu mencari tahu apa saja teknik yang sudah tidak work lagi dan teknik apa saja yang masih bisa berhasil.

Di tahun 2018 yang lalu ada banyak sekali update algoritma Google yang membuat persaingan di hasil pencarian Google semakin sulit. Update ini menyerang website YMYL yaitu website yang membahas masalah kesehatan dan finansial. Google menerapkan aturan update algoritma yang sangat memberatkan pemilik website seperti website konsultan pajak, konsultan hukum, toko online dan lain sebagainya.

Mariehaynes.com membahas ini dalam artikel:

https://www.mariehaynes.com/the-august-1-2018-google-update-strongly-affected-ymyl-sites/

Ini membuat banyak sekali pemilik website yang kehilangan peringkat yang sudah dimiliki sejak lama. Website mereka tersingkir oleh website yang memiliki otoritas yang lebih tinggi seperti website berita, marketplace, start up kesehatan, dan website besar lainnya. Website-website yang dikelola secara amatir semakin sulit untuk bersaing.

Ini yang membuat banyak orang mengatakan SEO sudah mati, karena mereka tidak tahu harus melakukan apa lagi untuk bisa menang melawan website-website besar, sedangkan mereka jelas website dengan modal yang sangat kecil.

Sebenarnya SEO tidak mati hanya tuntutannya semakin besar. Jadi anda harus mencari tahu apa yang harus anda lakukan untuk bisa memenangkan persaingan melawan website besar saat ini. Salah satu tips yang saya rasa bisa membantu anda bersaing di persaingan SEO saat ini adalah dari entrepreneur.com, yang bisa anda baca di bawah ini:

How Can Small Businesses/Websites Compete with Big Players in SEO?

Dari artikel di atas kita bisa menemukan beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk bersaing dengan website-website besar, yaitu:

  1. Targetkan kata kunci yang tidak akan ditarget website besar. Biasanya website besar kurang menargetkan kata-kata kunci panjang, jadi kita bisa memperkuat posisi kita dengan membuat sebanyak mungkin artikel yang bisa menguasai kata-kata kunci panjang.
  2. Coba Niche yang lebih spesifik. Jadi jika website besar menyasar target kata kunci Daftar Obyek Wisata di Indonesia, maka anda bisa membuat artikel Daftar Obyek Wisata di Bandung
  3. Tulislah konten-konten yang kurang komersil sebagai penunjang konten komersil anda. Website besar biasanya mengabaikan ini, dan justru ini yang bisa membuat Google menganggap website anda lebih lengkap.
  4. Usaha lebih keras. Jika anda beranggapan suatu konten sangat penting untuk anda rebut dari website besar, maka investasikan waktu anda untuk membuat konten itu. Lakukan riset sebelum anda menulis, dan tuliskan konten yang 3x hingga 5x lebih lengkap dari pesaing anda.

Ya memang tidak mudah untuk bisa ranking di persaingan berat, khususnya setelah Google meluncurkan algoritma YMYL di Agustus 2018.

YMYL ini juga menuntut anda mempunyai otoritas halaman yang besar dan ini biasanya terkait masalah backlink. Website yang populer biasanya mempunyai banyak backlink karena ada banyak yang merekomendasikan website tersebut. Sama seperti yang bisa anda lihat di atas saya merekomendasikan anda membaca mariehaynes.com dan juga moz.com. Hal inilah yang membuat website-website ini akan semakin kuat di hasil pencarian Google.

Sayangnya bagi sebagian besar pemula backlink merupakan tembok raksasa yang sulit untuk ditaklukan. Mau menulis artikel yang panjang setiap hari juga terlalu sulit. Makanya saat ini bermunculan jasa backlink yang menarik banyak minat dari pemilik website. Tentunya jasa backlink ini mempunyai hasil yang beragam tergantung kondisi website dan persaingan kata kunci yang anda targetkan.

Salah satu layanan jasa backlink yang sudah cukup dikenal adalah dari trikmudahseo.blogspot.com, tapi sekarang websitenya sudah pindah ke kepointernet.com. Jadi kalau anda butuh jasa backlink silahkan ke jasa backlink di kepointernet.

Semakin berat kata kunci yang anda targetkan atau semakin jelek kondisi on-page dari website anda, maka akan semakin banyak backlink yang anda perlukan dan itu berarti anda harus membeli paket dari jasa backlink ini berkali-kali.

Tapi biasanya paket layanan dari jasa backlink ini adalah pilihan yang paling logis dibandingkan jika anda harus mencari sendiri backlink anda. Setidaknya dengan menggunakan jasa backlink anda bisa menghemat waktu anda,dan waktu itu bisa anda gunakan untuk mencari penghasilan yang lebih besar lagi.

===========

Jadi SEO sama sekali belum mati, anda hanya perlu belajar lagi untuk bisa memahami apa yang perlu anda lakukan untuk mengoptimasi website anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *