Al Quran Menurut Bahasa dan Istilah

Sebagai umat islam tentu kita tidak asing dengan al quran. Setiap hari kita membuka dan membacanya. Di setiap shalat minimal 5x sehari kita melafalkannya.

Apalagi di Indonesia dengan penduduk mayoritas islam. Hampir setiap hari kita akan mendengarkan isi al quran dilantunkan. Setiap malam jumat dan hari jumat surat al kahfi dan surah yasin dibacakan.

Info: Surat yasin adalah salah satu surat didalam al quran, tepatnya surat ke 36. Memiliki 83 ayat. Surat yasin merupakan surat yang paling populer di Indonesia.

Bahkan di beberapa kota seperti Tasikmalaya, disetiap lampu merah anda akan diperdengarkan lantunan al quran yang merdu dari sebuah speaker yang cukup kencang. Sehingga kita akan sedikit merasa rileks dan tenang ditengah panas nya jalan aspal.

Tapi sudah tahukah anda apa arti al quran itu sendiri secara bahasa dan secara istilah?

Didalam artikel ini, kami akan memjelaskan apakah arti al quran secara bahasa dan arti al quran secara istilah.

Al Quran Secara Bahasa dan Istilah

Al Quran Secara Bahasa

Al Quran (dalam bahasa arab ditulis: القرآن) adalah sebuah kitab suci umat islam yang diwahyukan Allah SWT melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW pada 14 abad silam sebagai pedoman hidup Manusia di muka bumi.

Al Quran terbagi kedalam beberapa surat dan juz. Tepatnya ada 114 surat yang dibagi lagi menjadi 30 juz.

Secara bahasa al quran berasal dari bahasa arab dari suku kata Qara’a. Jadi al quran adalah bentuk jamak dari Qara’a – Yaqra’u – Qur’anan yang artinya adalah “bacaan” atau “sesuatu yang dibaca berulang-ulang”.

Hal itu dijelaskan sendiri oleh Al Qur’an didalam Surat Al Qiyamah ayat 17-18 :

(18) إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ(17) فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ

Artinya: “Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya Maka ikutilah bacaannya itu”.

Al Quran Secara Istilah

Sedangan pengertian al quran secara istilah atau terminologi, kitab suci umat Islam yang di dalamnya berisi firman-firman Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah SAW sebagai mukjizat.

Al Qur’an disampaikan dengan jalan mutawatir dari Allah SWT dengan perantara malaikat jibril kepada nabi Muhammad SAW dan membacanya bernilai ibadah.

Menurut beberapa ahli:

a. Dr. Subhi as Salih

Al Qur’an adalah kalam Allah SWT yang merupakan sebuah mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, di tulis dalam mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir, serta membacanya adalah termasuk ibadah.

b. Manna’ Al-Qhaththan

Kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. dan orang yang membacanya memperoleh pahala.

c. Al Jurjani

Yang diturunkan kepada Rasulullah SAW., ditulis dalam mushaf, dan diriwayatkan secara mutawattir tanpa keraguan.

Baca juga: Mau download surah yasin full MP3? Baca disini.

Itulah artikel tentang pengertian Al Quran secara bahasa dan Istilah. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan juga bagi kami. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke media sosial anda.

Kebenaran hanya milik Allah, dan kesalahan datangnya dari Manusia. Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang benar dan dijauhkan dari kesalahan. Wallahu a’lam bishawab.

Sumber:
pasberita.com/pengertian-al-quran/
dutadakwah.co.id/pengertian-al-quran-dan-hadits-dalam-agama-islam/
wikipedia.org/wiki/Al-Qur%27an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *