Pentingnya Sertifikasi ISO Untuk Perlindungan Konsumen

  • by

Kualitas produk adalah salah satu faktor yang menjadi penentu utama konsumen memilih untuk menggunakan suatu produk atau jasa. Jika produk yang anda produksi atau layanan jasa yang anda berikan mendapat review yang yang tidak begitu baik maka biasanya produk atau layanan jasa anda akan sulit terjual lebih lanjut.

Anda tentunya tidak akan menginginkan hal yang seperti ini menjadi penghalang untuk perkembangan bisnis anda.

Jadi anda harus memikirkan bagaimana caranya untuk meyakinkan market anda bahwa anda mempunyai produk yang berkualitas terbaik di industri anda.

Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh pemilik perusahaan yang ingin meyakinkan market-nya bahwa produk mereka adalah produk yang berkualitas adalah dengan mengurus sertifikat ISO. Sertifikat ISO ini merupakan sertifikat yang memberikan jaminan kualitas atas suatu produk atau jasa.

Untuk Manfaat Sertifikat ISO bisa baca selengkapnya di link ini…

Untuk anda yang ingin mengurus sertifikat ISO ini anda bisa mendaftarkan perusahaan anda pada lembaga sertifikasi ISO.

Saat ini ada cukup banyak lembaga sertifikasi ISO yang tersebar di beberapa kota di indonesia. Lembaga-lembaga ini sudah mendapatkan kewenangan dari badan pusat nya untuk mengeluarkan sertifikat ISO di berbagai bidang industri dan jasa.

Untuk bisa mendapatkan sertifikat ISO ini tentunya anda harus menyiapkan biaya pengurusan sertifikasi ISO. Akan ada biaya survei yang akan diberikan kepada tim yang melakukan pemeriksaan prosedur produksi dan prosedur kerja di perusahaan anda.

Selain itu akan ada biaya sertifikasi yang akan diberikan kepada lembaga sertifikasi yang melakukan proses pengurusan sertifikat ISO untuk perusahaan anda ini.

perusahaan anda akan melewati dua tahap pemeriksaan sebelum bisa mendapatkan sertifikat ISO ini. Kitab yang pertama pemeriksa akan mencatat prosedur-prosedur apa saja yang berjalan dalam proses produksi di perusahaan anda.

Jikalau mereka menemukan ada kesalahan di dalam prosedur prosedur anda, maka mereka akan memberikan rekomendasi rekomendasi perbaikan yang bisa anda lakukan.

Anda akan diberikan waktu untuk menerapkan prosedur-prosedur yang sudah direkomendasikan oleh lembaga sertifikasi ini.

Setelah masa implementasi ini selesai, maka lembaga sertifikasi akan kembali mengunjungi perusahaan anda untuk melakukan audit implementasi dari rekomendasi yang mereka berikan. Jika anda belum bisa konsisten menerapkan prosedur-prosedur wajib yang direkomendasikan oleh lembaga sertifikasi ini, maka perusahaan anda tentunya tidak akan mendapatkan sertifikat ISO tersebut.

Tapi jikalau perusahaan anda bisa menjaga konsistensi dari prosedur-prosedur kerja ini, maka perusahaan anda akan bisa menggunakan sertifikat ISO untuk 3 tahun kedepan. Setelah 3 tahun perusahaan anda perlu mengajukan perpanjangan jikalau ingin terus menggunakan sertifikat ini.

Sistem ini adalah sistem yang memang sengaja didesain seperti itu. Tujuannya tidak lain adalah agar perusahaan-perusahaan yang memegang sertifikat ISO ini terus menerus mendapatkan audit secara berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *