Kenapa Banyak Produk Menggunakan Sertifikat ISO 9001?

Saat ini ada banyak sekali orang yang memasarkan produk yang sama. Jika anda pergi ke supermarket atau pusat-pusat perbelanjaan lainnya anda akan melihat ada banyak merek yang memasarkan barang yang sejenis. Mereka berusaha merebut minat dari konsumen untuk produk produk mereka. Namun pada umumnya yang memenangkan persaingan adalah merek-merek yang sudah cukup lama beredar di pasaran.

Hal itu dikarenakan sebagian besar konsumen tidak ingin mengambil resiko dan sudah terbiasa dengan merek tertentu. Mereka kuatir jikalau mereka berganti merek maka akan terjadi perubahan rasa ataupun kualitas. Oleh karena itu bukan hal yang mudah bagi produk-produk baru untuk masuk ke dalam pasar.

Mereka harus mempromosikan diri secara besar-besaran dan juga memberikan jaminan kepada konsumen. Oleh karena itu kita sering melihat ada banyak produk baru yang dipromosikan secara gencar di televisi ataupun di iklan sosial media. Namun itu saja tidak cukup karena biasanya masyarakat memerlukan beberapa jaminan khusus. Misalnya untuk produk makanan biasanya konsumen akan mencari sertifikat BPOM dan juga sertifikat halal bagi mereka yang muslim.

Jadi sertifikat-sertifikat ini penting untuk memberikan ketenangan kepada konsumen dalam memilih produk baru tersebut. Karena itu ada banyak sekali perusahaan yang memproduksi produk-produk baru ini berusaha untuk mendapatkan sertifikat jaminan mutu. Saat ini masyarakat kita mengenal dua jenis sertifikat jaminan mutu yaitu SNI atau standar nasional indonesia dan juga ISO atau international standard organization.

Sertifikat-sertifikat kepada para konsumen saat ini namun banyak perusahaan lebih mengutamakan untuk mendapatkan sertifikat ISO khususnya ISO 9001. Hal itu dikarenakan sertifikat ISO ini berlaku untuk dunia internasional. Jadi misalnya jika anda memproduksi kertas tas atau pun memproduksi bola lampu anda akan lebih mudah untuk mengekspor produk-produk anda ke luar negeri jikalau anda mengantongi sertifikat ISO ini. Jadi ini adalah salah satu keuntungan dari mendapatkan sertifikat ISO tersebut.

Lainnya adalah produk anda akan lebih mudah diterima oleh toko-toko ataupun distributor yang bergerak di industri anda. Misalnya anda menjual bola lampu ke toko-toko perlengkapan listrik. Jikalau anda mempunyai merek baru maka biasanya toko-toko akan sulit menerima jikalau tidak ada sertifikat ISO ataupun SNI pada bola lampu tersebut.

Jadi dengan mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini anda akan lebih udah memasarkan produk anda. Tenaga marketing yang turun ke pasar pun akan lebih mudah makin kan konsumen dan distributor untuk mengambil produk anda inilah alasan kenapa banyak sekali perusahaan yang menyediakan anggaran tertentu untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001 ini.

Bahkan jikalau pun mereka sangat sibuk mereka biasanya menggunakan layanan jasa yang ditawarkan oleh jasa sertifikasi ISO. Iya, saat ini sudah ada banyak orang yang menyediakan layanan jasa sertifikasi ISO sehingga anda tidak perlu repot sendiri dalam mengurus sertifikasi ini. Memang selama ini sudah sangat banyak pilihan layanan yang bisa kita pergunakan untuk mempermudah proses segala sesuatunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *