PERBEDAAN ANTARA HOSTING, DOMAIN DAN SERVER

Bagi Anda yang bercita-cita menjadi programer atau website Builder, Anda wajib mengetahui apa yang dimaksud dengan hosting, domain dan server. Dikatakan wajib karena ketiga hal ini merupakan kebutuhan dasar dalam membuat suatu website. Jika Anda belum mengetahui perbedaan antara hosting, domain dan server, maka Anda harus menyimak artikel yang satu ini.

Hosting
Tujuan kita membuat website tentu saja agar kita dapat menyampaikan informasi melalui internet. Agar website yang kita buat dapat diakses melalui internet kita harus menggunakan web hosting. Web hosting merupakan tempat penyimpanan file-file yang ada di dalam website Anda seperti video, gambar, audio dan sebagainya. File-file dalam website anda akan disimpan dalam suatu tempat yang dinamakan server. Sebagai tempat penyimpanan data, server akan mengirimkan setiap file yang dibutuhkan untuk ditampilkan di halaman browser seperti Firefox, chrome, mozilla dan sebagainya. Untuk memastikan bahwa website Anda dapat diakses 24 jam penuh maka anda harus memastikan bahwa server yang Anda gunakan dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. Jika bandwidth server Anda tidak mampu mengimbangi laju traffic website anda maka website Anda dapat mengalami Down dan tidak bisa diakses.

Domain
Domain dapat diartikan sebagai nama atau alamat suatu website. Keberadaan domain tidak kalah penting dari keberadaan web hosting. Domain merupakan identitas website anda untuk memudahkan orang orang mengingat alamat website anda. Jika website anda tidak memiliki nama tentu saja orang-orang akan kesulitan untuk mengunjungi website anda. Itulah sebabnya Mengapa domain sangat penting untuk Website anda. Domain terbagi dalam tiga jenis yakni top level domain (TLD), second level domain dan third level domain. Semakin rendah levelnya maka akan semakin murah harganya.

Server
Server merupakan sebuah sistem komputer yang memberikan layanan tertentu dalam jaringan komputer. Server memiliki software dan hardware yang berfungsi untuk mengirimkan data kepada browser agar browser dapat menampilkan halaman website yang diinginkan. Hardware dari server terdiri dari prosesor dan ram yang bertugas untuk menjalankan sistem operasi yang disebut Network operating system. Bagian software dari server berfungsi untuk mengontrol akses file-file dari website website yang berada di dalam servernya. Adapun beberapa jenis software yang biasa digunakan di indonesia antara lain Apache, IIS, nginX dan lain-lain. Server akan bekerja saat menerima permintaan dari client. Yang dimaksud dengan client Ini adalah mesin pencari seperti Chrome, Mozilla, opera dan masih banyak mesin pencari lainnya yang biasa anda gunakan. Jadi ketika anda mengetikkan suatu alamat website di browser anda, server akan mengirimkan data data yang dibutuhkan kepada Browser dan browser akan menampilkan nya sebagai sebuah halaman website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *