Peranan nama domain dalam optimasi website

Nama domain adalah sesuatu yang akan sangat membantu anda dalam mengingat alamat dari sebuah website. Jika anda mau membuat sebuah website, maka nama domain adalah hal yang paling pertama yang perlu anda persiapkan. Nama domain ini bisa anda tentukan dengan bebas selama belum ada orang lain yang mendaftarkan nama domain tersebut.

Nama domain ini bisa anda beli dari penyedia nama domain. Biasanya penyedia layanan hosting website juga menjual nama domain ini. Jadi jika anda mau membeli nama domain anda bisa langsung membuka website layanan web hosting dan mencari nama domain yang anda inginkan. Mungkin ada beberapa di antara anda yang bertanya-tanya apakah anda bisa membuat website tanpa nama domain?

Sebenarnya bisa saja karena alamat website yang sebenarnya adalah sekumpulan angka. Namun orang-orang akan sangat sulit mengingat alamat website yang hanya sekumpulan angka ini. Jadi kita membeli nama domain untuk membantu orang-orang ini mengingat alamat website kita.

Karena orang-orang yang membeli nama domain ini pada umumnya ingin melakukan optimasi website agar websitenya bisa ranking di google, maka ada banyak sekali orang yang bertanya-tanya apakah nama domain ini bisa mempengaruhi ranking? Sebenarnya nama domain ini hanya memberikan poin yang kecil saja. Jadi jika anda bersaing di kata kunci persaingan yang berat, maka nama domain tidak memberi dorongan yang berarti.

Lebih baik anda mencari nama domain untuk tujuan branding, karena ini akan memberikan anda keuntungan di mana usaha anda juga akan dikenal dan lebih mudah diingat. Sebenarnya ini adalah tujuan utama dari nama domain.

Tapi kalau anda membeli nama domain untuk tujuan SEO, ada yang harus anda perhatikan yaitu TLD dari nama domain tersebut. Jika anda membeli TLD atau nama domain untuk menargetkan market indonesia, maka sebaiknya anda memakai ccTLD, di mana nama domain akan menggunakan kode negara. TLD negara seperti ini bisa membantu anda untuk lebih mudah ranking di negara tersebut.

Ya tentunya anda juga masih bisa ranking dengan memakai .com dan melakukan pengaturan target geografis di search console untuk website anda. Semuanya ini akan membantu anda untuk ranking di negara yang menjadi target trafik website anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *