Sejarah permainan bola voli dunia serta aturan mainnya (lengkap)

Sejarah permainan voli

Sejarah permainan voli

Sejarah permainan bola voli dunia mulai dari awal ditemukan hingga perkembangannya seperti saat ini. Voli adalah permainan yang melibatkan 6 orang dalam satu tim nya. Permainan ini menggunakan tangan untuk menjaga agar bola tidak jatuh. Permainan voli cukup diminati di indonesia dan menjadi salah satu olahraga yang cukup populer.

Meskipun tidak setenar bulutangkis atau sepak bola akan tetapi pengingat voli juga cukup banyak. Lantas tahukah anda bagaimana sejarah bola voli di dunia dan indonesia dan bagaimana awal penemuannya?. Mari simak selengkapnya dalam ulasan berikut:

Sejarah penemuan bola voli

Berbicara mengenai sejarah bola voli tentu tidak akan lengkap jika kita tidak menyebutkan penemunya yaitu William G Morgan. Morgan memang dianggap menjadi tokoh paling penting dalam perjalanan sejarah bola voli.

Permainan bola voli diyakini merupakan gabungan dari 4 jenis olahraga yang berbeda termasuk basket tenis permainan bola tangan dan baseball. Awal penemuan bola voli oleh morgan sebenarnya terinspirasi dari apa yang telah dilakukan oleh Naismith saat menemukan permainan bola basket.

James Naismith merupakan salah satu sosok yang menjadi idola william morgan dimana pria ini telah mendedikasikan hidupnya di bidang olahraga. Olahraga bola voli ditemukan oleh morgan pada tahun 1985 tepatnya 4 tahun setelah Naismith menciptakan permainan bola basket.

William morgan menciptakan permainan bola voli sebenarnya hanya diperuntukkan bagi YMCA atau young mens christian association yang pada waktu itu sudah tidak muda lagi. Seiring bertambahnya usia dan performa yang mulai menurut William Morgan mencoba untuk menciptakan sebuah olahraga yang tidak terlalu berat.

Olahraga voli memang dianggap lebih ringan dan bisa dimainkan di ruangan terbuka maupun tertutup. Olahraga ini diyakini bisa dimainkan oleh siapa saja di segala usia mulai dari yang muda hingga yang tua.

Alasan lain kenapa William Morgan menciptakan olahraga bola voli untuk YMCA adalah karena awalnya dia memang menempuh pendidikan di sana. Disinilah awal mula morgan bertemu dengan James Naismith yang merupakan kakak kelasnya. William Morgan pernah menjabat sebagai seorang direktur pendidikan jasmani di YMCA Massachusetts pada tahun 1895.

Pada saat penemuannya bola voli memiliki nama mintonette. Akan tetapi nama tersebut dianggap kurang populer sehingga diganti menjadi volleyball atau yang sekarang ini kita kenal dengan permainan bola voli. Olahraga ini cukup digandrungi karena selain mudah dimainkan, juga memiliki peraturan permainan yang cukup menarik.

Morgan menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1942, dan dia telah dianggap sebagai salah satu tokoh penting dalam dunia olahraga karena sumbangsihnya dalam menciptakan permainan bola voli.

Sejarah bola voli di indonesia

Permainan bola voli yang diciptakan oleh Morgan semakin mendunia hingga pada akhirnya olahraga yang satu ini juga masuk ke negara Indonesia. Sejarah bola voli di indonesia dimulai pada tahun 1928, pada waktu itu indonesia masih belum merdeka.

Pada awal masuknya bola voli di Indonesia permainan ini hanya bisa dimainkan oleh kalangan tertentu saja termasuk para bangsawan Belanda. Selain itu, permainan bola voli juga biasa dimainkan oleh para tentara di asrama mereka. Karena olahraga ini dianggap cukup menarik sehingga banyak orang yang mulai menyukainya.

Hingga pada akhirnya permainan bola voli semakin populer dan diminati di Indonesia. Kepopuleran bola voli ini ditandai dengan bermunculannya klub-klub voli terutama di kota-kota besar di Indonesia. Hingga akhirnya pada tanggal 22 januari tahun 1955 organisasi induk bola voli pertama kali diciptakan dengan nama PBVSI.

Dengan didirikannya PBVSI sebagai induk organisasi bola voli di Indonesia maka pertandingan pertama pun digelar. Dengan digelarnya pertandingan tersebut maka kepopuleran olahraga bola voli semakin meningkat bahkan permainan ini sudah mulai masuk ke daerah pelosok.

Aturan permainan voli

Permainan bola voli secara umum dilakukan dengan format 3 kali kemenangan atau 5 kali kemenangan. Masing-masing set atau game biasanya terdiri dari 25 poin. Jika poin pertandingan berada di 24-24 maka akan diberikan tambahan poin hingga salah satu diantara kedua tim mampu mengungguli lawannya hingga selisih dua angka.

Permainan bola voli secara umum dimainkan oleh 6 orang dan paling sedikit harus ada 4 orang dalam satu tim. Jika sebuah tim bola voli memiliki pemain kurang dari 4 maka tim tersebut akan dinyatakan kalah.

Pergantian pemain dalam permainan bola voli secara umum lebih bebas, artinya pemain yang pernah keluar bisa masuk kembali. Hal ini berbeda dengan permainan sepak bola di mana pemain yang sudah keluar tidak diizinkan kembali masuk ke lapangan.

Sumber:

https://www.caraprofesor.com/sejarah-bola-voli/

https://makassar.tribunnews.com/2019/11/21/sejarah-bola-voli-dulu-bernama-mintonette-ukuran-lapangan-hingga-sitem-pertandingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *