3 Amalan Sunnah Terbaik di Bulan Ramadhan

Diantara 12 bulan hijriah, Romadhon adalah bulan terbaik sebab banyak amalan dalam waktu itu yang dilipatgandakan pahalanya.

Hal ini disadari oleh umat Islam dengan baik, sehingga mereka berlomba-lomba untuk terus meningkatkan amalan di bulan mulia tersebut.

Ada beberapa amalan sunnah yang menjadi primadona saat datangnya bulan Ramadhan. Bahkan amalan ini juga sangat digemari oleh Nabi dan para sahabatnya.

Qiroatul Quran atau Membaca Al Quran

Membaca Al Quran adalah salah satu ibadah yang sangat digemari oleh orang shaleh di masa sahabat dan generasi terbaik setelahnya. Di bulan-bulan biasa banyak dari sahabat Nabi yang mengkhatamkan quran selama 7 hari.

Sementara saat datangnya bulan Ramadhan orang-orang shaleh terdahulu berlomba dalam membaca quran, hingga menghatamkannya dalam waktu singkat.

Dari kalangan sahabat Nabi, seperti Utsman bin Affan adalah diantara sahabat yang pernah menghatamkan quran dalam satu rokaat sholat witir dalam satu malam.

Sementara Abu Hurairah, memabagi malamnya agar selalu hidup dengan terus melantunkan quran. Ia dan keluarganya bergantian dalam membaca Al Quran. Bila seorang diantara mereka hendak tidur, ia membangunkan yang lainnya dan bergantian membaca quran.

Sementara generasi setelahnya, seperti Imam Syafii tercatat telah 2 kali menghatamkan quran dalam sehari semalam. Itu berarti selama bulan Romadhon beliau khatam quran sebanyak 60 kali.

Mendirikan Sholat Tarawih

Amalan yang tak kalah populer dikalangan umat Islam saat Romadhon adalah sholat tarawih. Sholat tarawih ini sejatinya sama dengan sholat tahajud atau sholat qiyamul lail di selain bulan Ramadhan. Bedanya hanya dalam penyebutan di bulan tertentu saja.

Dalam suatu riwayat disebutkan, bahwa Nabi pernah melaksanakan sholat tarawih secara berjamaah dengan para sahabat, tetapi beliau lebih sering sholat tarawih sendirian dirumah. Hal ini agar tidak dianggap amalan ini sebagai amalan yang wajib.

Tetapi yang perlu menjadi catatan adalah kualitas sholat tarawih beliau saat berjamaah adalah hampir sama dengan kualitas beliau sholat tahajud sendirian.

Beliau sallallahu ‘alaihi wasallam adalah orang yang paling khusyuk dalam sholatnya. Dan beliau adalah orang yang paling faham hakikat ibadah kepada Allah ta’ala.

Beliau banyak memuji Allah ta’ala dalam doanya, yaitu doa setelah qiyamullail atau tarawih dan beliau adalah orang yang paling banyak menangis dalam sholatnya. Padahal beliau adalah manusia terbaik di dunia.

Memperbanyak sedekah

Amalan sunnah ketiga yang paling populer di bulan Ramadhan adalah sedekah. Adalah Nabi sallallahu’alaihi wasallam dikenal sebagai orang yang paling dermawan saat datangnya bulan Ramadhan.

Bahkan dalam hadits shahih disebutkan bahwa beliau adalah orang yang paling suka bersedekah di bulan Ramadhan, bahkan melebihi hembusan angin.

Sementara di Indonesia, geliat shodaqoh itu ada saat buka puasa. Pembagian takjil dan makanan untuk berbuka umumnya ada di masjid-masjid dan jalan raya. Orang-orang berlomba memberikan makanan kepada manusia untuk mendapatkan fadhilah bulan ini.

Semoga Allah ta’ala memudahkan langkah kita dan memberi istiqomah untuk terus beramal shalih di bulan Ramadhan kali ini. Amiin

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *