Tips belajar coding untuk pemula

Saat ini perkembangan dunia teknologi semakin pesat. Hal ini bisa kita lihat dari semakin terbiasanya masyarakat menggunakan berbagai perangkat dengan teknologi yang canggih. Hampir setiap orang sudah mempunyai hp android yang bisa dipergunakan untuk membuka website ataupun aplikasi.

Hal inilah yang membuat market dari pemasaran secara online semakin besar dari tahun ketahun. Jadi ada banyak perusahaan yang berusaha untuk memasarkan produk produknya secara online.

Untuk melakukan itu biasanya mereka akan membuat sebuah website ataupun membuat sebuah aplikasi yang bisa dipasang di perangkat smartphone. Hal inilah yang membuat ada banyak sekali lapangan pekerjaan baru bagi mereka yang menguasai pemrograman.

Tentu bukan hal yang mudah untuk menguasai bahasa pemrograman yang cukup kompleks. Tapi karena market nya semakin besar maka semakin banyak pula orang yang berminat untuk mempelajari bahasa pemrograman ini. Jika anda adalah salah satu di antara orang-orang yang tertarik untuk mempelajari masalah bahasa pemrograman ini maka kami menyarankan agar anda mengambil kursus bahasa pemrograman.

Kenapa harus kursus? Karena dengan mengikuti kursus anda akan diberikan panduan tahap demi tahap mengembangkan kemampuan programmer anda. Jika anda belajar secara otodidak maka kemungkinan anda akan lompat sana lompat sini.

Anda hanya mempelajari hal-hal yang diperlukan untuk membuat sebuah program yang anda temukan di internet. Jadi begitu anda menemukan masalah yang belum pernah anda pelajari, maka anda bisa mengalami kendala dalam memecahkan masalah tersebut.

Orang-orang yang belajar bahasa pemrograman secara bertahap dengan tidak akan bisa memecahkan masalah-masalah tersebut karena mereka menguasai dasar dari pemrograman. Jadi inilah kelebihan mengikuti kursus bahasa pemrograman dibandingkan belajar secara otodidak.

Sekarang mungkin anda bertanya-tanya bahasa pemrograman apa yang harus anda pelajari? Hal itu harus dikembalikan kepada tujuan dari anda melakukan coding. Apakah anda membuat sebuah website, operating system, atau aplikasi di android dan smartphone lainnya.

Setiap bahasa pemrograman biasanya dipergunakan untuk fungsi-fungsi yang berbeda. Jika anda menguasai bahasa pemrograman tertentu maka anda bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tertentu pula. Jika anda bisa menguasai semua bahasa pemrograman maka tentunya semakin besar pula area pekerjaan yang bisa anda tangani.

Jadi jika anda hanya ingin membuat sebuah website anda cukup mempelajari bahasa html dan css. Ini sudah sangat memadai untuk tujuan tersebut. Namun jika anda ingin menambahkan beberapa fungsi di dalam website anda maka anda harus mempertimbangkan untuk mempelajari bahasa javascript, php, sql.

Sedangkan jika anda ingin membuat aplikasi pada sebuah smartphone android; maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk mempelajari bahasa pemrograman java ataupun bahasa pemrograman kotlin. Dengan menguasai bahasa bahasa pemrograman ini anda akan bisa membuat aplikasi pada sebuah perangkat android.

Mulai dari aplikasi text sederhana sampai game mobile bisa anda kembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Anda bisa mengikuti kursus bahasa pemrograman yang ditawarkan di internet dengan harga yang cukup terjangkau untuk pemula. Biasanya kursus pemrograman ini sudah memberikan materi yang lengkap yang bisa anda pergunakan untuk membangun aplikasi yang yang cukup kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *