PROSES DESAIN LOGO

Salah satu karakteristik utama dari logo yang baik adalah bentuknya yang sederhana. Coba saja perhatikan logo facebook, twitter, Instagram dan brand-brand terkenal lainnya. Semuanya menggunakan logo dengan bentuk yang sederhana.

Bentuk logo yang sederhana sering membuat orang berpikir bahwa proses desain logo adalah proses yang sederhana yang hanya membutuhkan beberapa jam dan tidak memerlukan keahlian khusus, serta tidak memakan terlalu banyak waktu atau tenaga.

Namun itu salah besar. Sudut pandang yang seperti itu tidak akan membawa merek dari suatu produk ke mana-mana. Tahukah anda, banyak logo dari merek ternama dibuat dengan menggunakan (jasa desain logo)? Ya, proses desain logo yang berkualitas tidaklah semudah yang anda pikirkan.

Para penyedia jasa desain logo biasanya menggunakan strategi kompleks yang mencakup semua tahapan desain dan proses pemasaran sebagai berikut untuk membuat logo yang berkualitas.

Mengatur tugas – Tahap ini adalah fondasi dari semua proses desain. Ini adalah saat dimana penyedia jasa desain logo harus mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari klien untuk mengetahui alur desain yang harus mereka tuju.

Jadi tahapan ini sangat penting sebab anda tidak mungkin dapat mendesain sesuatu jika anda bahkan tidak tahu apa yang harus didesain. Dalam desain logo, Anda harus menetapkan tujuan dengan jelas dari titik awal agar memperoleh hasil desain yang berkualitas. Namun ini tidak berarti bahwa tujuan akan tetap sama sepenuhnya di akhir perjalanan. Tujuan dapat dimodifikasi dengan melakukan penambahan atau pun pengurangan dalam proses kreatif.

Penelitian – Ini adalah tahap di mana jasa desain logo harus mengenal lebih dalam industri di mana logo tersebut akan digunakan. Tahap penelitian biasanya bergerak dalam dua arah secara bersamaan, yakni meneliti target pasar dan pesaing yang berada dalam industri tersebut.

Proses kreatif – Ini adalah tahap di mana desainer logo telah dipersenjatai dengan banyak data, melihat jalur arah desain yang akan dituju dan mulai mendesain logo. Tujuan dari tahap ini adalah untuk mengembangkan satu atau bahkan beberapa gaya desain yang akan memungkinkan pemenuhan tujuan branding dan kebutuhan pemasaran klien.

Setiap logo tentunya memiliki kebutuhannya tersendiri tergantung dari pemesanan setiap klien. Terkadang rincian pesanan dari pelanggan sangatlah mendetail sehingga setiap poinnya harus dikumpulkan dengan sangat hati-hati dan dipoles dengan sebaik mungkin pada tahap proses kreatif ini.

Namun, dalam kasus lain, utamanya dalam kasus dimana klien tidak memberi pemesanan yang terperinci atau target pasar berada di tingkat persaingan yang sangat tinggi, maka berbagai arah harus dianalisis dan varian yang berbeda harus diuji untuk mendapatkan logo yang efektif dan orisinal.

Memoles detail dan menyelesaikan konsep – Pada tahap ini, jasa desain logo akan mengembangkan arah yang dipilih dan mengerjakan detail-detail kecil dari logo.

Orang-orang yang tidak terbiasa dengan proses desain dapat terpesona oleh tingkat komitmen desainer dalam memoles detail detai kecil tersebut. Pemolesan detail-detail kecil inilah yang akan menyempurnakan menampilkan logo suatu merek.

Terkadang, dibutuhkan berjam-jam untuk mengerjakan suatu detail yang dikerjakan untuk setiap milimeternya dengan tetap memperhatikan keselarasan logo secara umum. Ini adalah waktu ketika desainer dapat bereksperimen dengan bentuk dan garis, warna dan corak, namun pada tahap ini, mereka bekerja dalam konsep gaya yang telah ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *