CARA MEMILIH JASA PENERJEMAH TERSUMPAH

Penerjemah tersumpah adalah orang yang memiliki kemampuan bahasa yang telah lulus Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) dan dilantik oleh Gubernur.

Beberapa penerjemah tersumpah mengoperasikan layanan terjemahan mereka sendiri dengan membuka kantor layanan mereka sendiri, yang lain bergabung dengan agen/kantor penerjemahan.

Oleh karena itu, Anda dapat menghubungi atau belajar langsung melalui website penerjemah tersumpah itu sendiri atau melalui kantor layanan/instansi tempat ia bernaung.

Pelajari profil penerjemah tersumpah yang tercantum di situs web atau media sosial pribadi mereka, atau di Google Bisnisku.

Alamat kantor layanan penerjemah tersumpah harus terlihat jelas. Alamat ini menjadi penting ketika kita memutuskan untuk menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Alasannya, kita tidak ingin compiler tiba-tiba menghilang dan tidak bisa dihubungi.

Testimonial – Rekomendasi. Hal ini juga penting untuk diperhatikan dalam memilih jasa penerjemah tersumpah yang akan Anda gunakan. Namun, perlu juga dicatat bahwa jika ada terlalu banyak bintang tetapi tidak ada komentar, itu mungkin kesaksian palsu.

Soal testimoni, sebenarnya ini bukan sekadar norma, mengingat pengguna jasa terjemahan tidak selalu ingin meninggalkan review atau testimoni.

Komunitas Penerjemah Profesional. Anda juga dapat memilih penerjemah yang juga aktif dalam komunitas penerjemah profesional. Di Indonesia sendiri, para penerjemah bertemu di Ikatan Penerjemah Indonesia

Selain keempat tips di atas, kita juga bisa memilih untuk menggunakan jasa penerjemah tersumpah tertentu berdasarkan rekomendasi dari teman atau keluarga kita.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita ingat ketika memilih juru bahasa, antara lain:

  1. Pelajari file penerjemah
  2. Alamat kantor harus jelas
  3. Testimonial – Rekomendasi
  4. Komunitas Penerjemah Profesional
  5. Rekomendasi dari teman

Jadi anda harus mengingat hal-hal penting yang perlu anda perhatikan saat anda akan menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Ini sangat penting untuk memastikan anda mendapatkan hasil yang anda harapkan dari terjemahan dokumen resmi anda.