TINGGAL DI PEDALAMAN? SEBAIKNYA PASANG LISTRIK SOLAR CELL

Ada banyak sekali orang yang saat ini tinggal di daerah pedalaman yang belum terjangkau oleh tenaga listrik. Tentu saja semua orang berharap agar mereka segera bisa mendapatkan aliran listrik.

Namun kemampuan PLN untuk membuka sambungan baru sangat terbatas terutama untuk daerah-daerah yang sangat terpencil. Beberapa orang membeli genset untuk memenuhi kebutuhan listrik mereka di daerah pedalaman. Namun genset bukanlah solusi yang cerdas karena genset sendiri memerlukan bahan bakar.

Bukan hal yang mudah bagi orang yang tinggal di daerah pedalaman untuk selalu bolak-balik membeli bahan bakar. Oleh karena itu bagi anda yang tinggal di daerah pedalaman sebaiknya mempertimbangkan penggunaan solar cell. Solar cell mungkin akan terasa mahal di awalnya.

Namun jika anda bisa memasang sendiri solar cell di rumah anda maka harga dari solar cell tersebut akan menjadi jauh lebih murah. Anda bahkan bisa balik modal dalam waktu 2 atau 3 tahun saja menggunakan solar cell ini. Pada usia pemakaian dari solar ini sangat panjang hingga sekitar 25 tahun.

Jadi anda bisa mendapatkan puluhan tahun penggunaan listrik secara gratis. Yang menjadi masalah adalah di daerah pedalaman tidak akan ada orang yang membantu anda untuk melakukan pemasangan panel tenaga surya ini. Jadi pastikan anda sudah bertanya sedetail mungkin kepada distributor panel tenaga surya tersebut tentang cara pemasangannya.

Sangat direkomendasikan agar anda menggunakan paket panel tenaga surya lengkap yang disertai dengan baterai agar listrik dirumah anda bisa menyala sepanjang hari. Tentu dengan hadirnya listrik di tempat tinggal anda akan sangat membantu kehidupan di daerah pedalaman.

Sampai disini anda sudah bisa melihat bahwa penggunaan panel tenaga surya adalah solusi yang sangat baik bagi mereka yang tinggal di kawasan pedalaman. Sedangkan untuk anda yang tinggal di kawasan perkotaan anda masih bisa menggunakan panel tenaga surya untuk membantu memenuhi kebutuhan listrik anda selain dari PLN.

Anda bisa memakai sistem panel surya on grid yang hanya akan melayani pada siang hari saja. Pemakaian panel surya seperti ini bisa membantu menghemat pembayaran listrik PLN anda. Tentu saja karena hanya berfungsi pada siang hari maka balik modal dari pembeliannya pun akan relatif lebih lama.

Namun tidak seberapa lama karena penggunaan sistem on grid tidak memerlukan baterai sehingga biayanya pun menjadi lebih murah. Kurang lebih inilah beberapa hal yang sangat penting yang perlu anda ketahui pada saat anda akan membeli panel tenaga surya untuk pemenuhan kebutuhan listrik anda.

Panel tenaga surya ini juga bisa dimanfaatkan oleh mereka yang membuka penginapan di tempat wisata yang berada di daerah daerah yang terpencil. Karena ada banyak sekali orang yang mau mengunjungi tempat-tempat wisata yang masih terpelihara keasliannya namun kuatir tidak akan mendapatkan fasilitas yang diperlukan happy dengan listrik. Jadi masih ada banyak sekali potensi dari penggunaan panel tenaga surya ini.

Kedepannya mungkin harga dari panel tenaga surya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan listrik dari PLN. Karena kita bisa melihat saat ini ada tren bawah harga panel surya menjadi semakin murah dari tahun ke tahun sedangkan biaya tarif dasar listrik biasanya justru akan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *