Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Forwarders

Hubungan forwarder yang baik meningkatkan efisiensi rantai pasokan, menahan biaya, dan meningkatkan layanan pelanggan secara keseluruhan. Namun, mereka hampir tidak cocok untuk semua, dengan beberapa kotak untuk dicentang saat berbelanja forwarder yang sempurna untuk melengkapi bisnis Anda.

Sebagai solusi alternatif, seperti platform digital dan layanan logistik pembawa, terus diperkenalkan ke pasar, memilih mitra logistik juga menjadi semakin rumit.

Ingatlah lima faktor berikut saat memilih mitra forwarder Anda berikutnya:

1. Layanan Pelanggan & Keandalan

Menurut Laporan Logistik Global 2018 perusahaan riset industri Eye for Transport, pelanggan logistik layanan menuntut peningkatan yang signifikan dalam Pengalaman Pelanggan (22,22%), area kedua setelah Visibilitas (27,16%). Karena platform SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan) terus diperkenalkan ke pasar, pengirim belajar dengan cara yang sulit bahwa perangkat lunak tidak dapat memberikan tingkat layanan dan perhatian yang ditawarkan manusia. Operator juga mulai menawarkan layanan penerusan, tetapi kurangnya keahlian membuat tingkat layanan juga kurang.

Jika waktu pengiriman Anda sensitif, atau jika Anda tidak pernah ingin berada dalam skenario di mana Anda tidak dapat menerima bantuan dalam hal (terus terang, tak terelakkan) ada yang tidak beres dengan pengiriman Anda, layanan pelanggan tingkat tinggi harus prasyarat minimum saat mempertimbangkan calon mitra forwarder.

2. Stabilitas Keuangan

Tanpa ragu, dunia pelayaran internasional selalu berubah. Untuk memastikan forwarder Anda dapat tumbuh dan beradaptasi dengan waktu, cari mitra logistik yang cukup stabil secara finansial untuk menemani Anda dalam perjalanan. Teknologi Blockchain secara fundamental mengubah hampir setiap aspek perdagangan global, tetapi untuk saat ini, Anda dapat mengukur kecenderungan forwarder terhadap inovasi dengan menilai kualitas TMS (Sistem Manajemen Transportasi) dan WMS (Sistem Manajemen Gudang) mereka.

3. Reputasi

Rocker Joan Jett sangat keren, tetapi dia tidak mencoba membangun bisnis ritel. Saat memilah-milah mitra logistik potensial, Anda juga harus sangat peduli dengan “reputasi buruk”. Lagi pula, reputasi Anda sendiri akan dipengaruhi oleh kompetensi, atau kekurangannya, dari rantai pasokan Anda, dan tidak ada harapan untuk sukses seperti kata-kata negatif dari mulut ke mulut di antara pelanggan Anda. Di sisi lain, reputasi yang baik adalah pemasar yang lebih baik daripada profesional pemasaran yang digaji—dan gratis. Cari ulasan positif, testimonial, dan umur panjang untuk mengonfirmasi bahwa penyedia forwarder pilihan Anda telah mendapatkan reputasi yang solid.

4. Bidang Keahlian

Sebagian besar forwarder berspesialisasi dalam jenis logistik tertentu, baik berdasarkan industri, moda transportasi, wilayah, atau kombinasi dari ketiganya. CAF Worldwide, misalnya, dapat mengoordinasikan transportasi dan pengurusan bea cukai dari segala jenis barang, termasuk barang berpendingin, tetapi mereka mengkhususkan diri dalam bergerak dengan mengenakan pakaian dan alas kaki. Ada keahlian dan pemahaman yang berbeda terkait dengan memindahkan pakaian dan alas kaki (pikirkan: barang palsu) daripada, katakanlah, bahan kimia berbahaya.

5. Partnership

Bisa dibilang prinsip yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika mencari mitra logistik baru adalah hubungan mereka yang sudah ada, dengan jalur kapal uap, pejabat pelabuhan (longshoremen), dan forwarder lainnya. Itu karena, untuk forwarder, jaringan mitra pilihan yang kuat adalah tulang punggung layanan pelanggan yang konsisten dan luar biasa. Tanpa kemitraan masuk yang tepercaya, akan sulit untuk mengimbangi volume kargo, dan Anda bisa terjebak dengan tarif operator yang tidak menguntungkan.