KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN PANEL TENAGA SURYA

  • oleh

Panel surya adalah sistem pembangkit listrik yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi daya listrik dengan prinsip efek fotovoltaik. Energi listrik itu akan disimpan dalam baterai, kemudian digunakan untuk sumber daya listrik.

Sesuai dengan Permen No. 49 Th. 2018, pemerintah mendorong pemasangan panel surya bagi pelanggan PLN, baik dari sektor rumah tangga, bisnis, sosial, maupun industri. Hal ini dikarenakan minimnya pemanfaatan sumber daya listrik alternatif yang ramah lingkungan. Potensi energi terbarukan ini amat besar karena pemanfaatan energi surya di Indonesia baru mencapai 0,05%, dilansir dari laman ESDM.

Manfaat Panel Surya

Terdapat banyak manfaat jika memasang panel surya sebagai pembangkit listrik alternatif. Dalam buku Panduan Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS di Indonesia (2020), tertulis setidaknya tiga manfaat yang dapat diraih jika menggunakan panel surya.

1. Hemat Listrik Memasang panel surya berarti memiliki sumber energi listrik selain listrik PLN. Karena kebutuhan listrik dipenuhi oleh dua sumber, panel surya dapat membantu mengurangi tagihan listrik bulanan dari PLN. Lazimnya, penghitungan pemotongan biaya itu disesuaikan dengan jumlah watt listrik yang dihasilkan panel surya.

Pemotongan itu maksimal 65% dari total daya yang dihasilkan panel surya. Dalam 1 watt listrik dari daya panel surya, pemotongan biaya PLN akan dikurangi maksimal 0,65 watt untuk bulan selanjutnya.

2. Pemanfaatan Energi Terbarukan Pemasangan panel surya berkontribusi dalam pemanfaatan dan pengelolaan energi terbarukan yang tidak akan pernah habis. Sumber daya energi fosil, seperti minyak bumi Indonesia, diperkirakan akan habis pada 2030, maka beralih ke energi modern menjadi langkah strategis untuk ketahanan energi Indonesia. Selain itu, Indonesia tergolong wilayah tropis sehingga paparan sinar matahari mudah dijangkau dan merupakan sumber energi yang amat besar.

3. Ramah Lingkungan Memasang panel surya berkontribusi pada pelestarian iklim dan melawan pemanasan global. Sebab, panel surya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan ramah lingkungan.

Anda bisa membeli panel surya dari agen distributor panel surya. Anda bisa menemukan agen distributor panel surya di internet. Saat ini sudah banyak sekali penyedia panel surya yang menawarkan produk mereka secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *