Ini dia tips dari PT.AMG untuk memilih pipa

Harga dan jenis pipa di pasaran cukup beragam. Biasanya untuk pipa rumah atau proyek konstruksi besar. Juga perpipaan untuk kebutuhan saluran air bersih, perpipaan drainase, perpipaan air panas dan masih banyak kebutuhan lainnya.

Namun, banyak orang tidak pernah tahu merek selang mana yang berkualitas baik. Faktanya, kebanyakan orang memilih jenis pipa ledeng dengan melihat harga pipa ledeng termurah tanpa mengetahui kualitas pipa ledeng. Untuk itu PT. AMG (Andalas Mitra Global) merasa perlu untuk menjelaskan bagaimana cara memilih pipa yang terbaik untuk anda.

Pernahkah Anda berpikir, jika pipa air yang ditanam di dalam tanah akan tetap aman selama puluhan tahun tanpa rusak? Atau mungkin Anda termasuk orang yang sering mengganti pipa air karena sering bocor dan pecah? Jika pipa ledeng ternyata rusak, saluran air Anda akan terganggu, sehingga jika tidak ditandai akan menyebabkan kerusakan atau kebocoran yang tidak terduga.

Memilih produk pipa yang tepat tidak bisa dilakukan sembarangan. Terutama untuk pipa yang akan ditanam di dalam tanah. Tentunya Anda harus menggunakan pipa berkualitas yang tangguh dan tidak mudah rusak.

Saat ini banyak sekali jenis pipa di pasaran yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti pipa PPR, pipa HDPE, pipa PVC dan PE. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis pipa.

Anda bisa menemukan banyak supplier atau distributor pipa HDPE terpercaya seperti PT. AMG (Andalas Mitra Global). Tapi sebelum memilih, Anda harus memastikan bahwa pipa yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

Ketahui jenis pipa

Banyak jenis pipa yang digunakan untuk keperluan yang berbeda, selain itu karakteristik masing-masing jenis berbeda, hal ini akan sangat mempengaruhi penggunaannya.

Misalnya, pipa yang banyak digunakan untuk proyek air bersih adalah jenis pipa HDPE. Pipa jenis ini dinilai sangat fleksibel dan kuat serta tidak mudah terkena korosi. Distributor pipa HDPE biasanya akan menjual pipa ini dalam bentuk gulungan panjang. Jadi Anda tidak perlu menggunakan banyak teknik penyesuaian. Daya tahan HDPE juga bisa mencapai 50 tahun, sehingga tidak perlu sering-sering mengganti pipa, asalkan bisa melindungi dari risiko kerusakan.

Ada juga jenis pipa PVC, jenis pipa yang bisa disebut pipa Ferlon, berwarna putih dan dengan bahan dasar plastik yang memiliki bentuk kaku dan kaku. Pipa PVC dapat digunakan untuk keperluan pembuangan kotoran dan juga untuk atap rumah. Pipa jenis ini membutuhkan sambungan dengan panjang pipa PVC minimal 4 meter.

Spesifikasi pipa

Selain jenis pipa, Anda juga harus memperhatikan spesifikasi produk. Ada ratusan merek selang di pasaran. Setiap merek juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Jadi sebelum membeli pastikan untuk memahami apa saja spesifikasi yang diperlukan. Misalnya dari ukuran, gaya, tekanan dan masih banyak lainnya.

Untuk pipa HDPE misalnya, produk yang bagus tidak akan menimbulkan efek benturan yang tiba-tiba, dan tidak mudah pecah. Jika ini terjadi, berarti pipa tersebut berkualitas baik. Tentu saja, pipa untuk mengalirkan air bersih, limbah, air dari pompa tekanan atau limbah memiliki spesifikasi yang berbeda. Jangan pernah salah dengan pilihan Anda. Lihat diameter yang Anda butuhkan, inci dan sebagainya.

Ukuran pipa sesuai kebutuhan

Sangat penting untuk menyesuaikan ukuran pipa, karena jika salah ukuran, kebutuhan pipa Anda tidak akan terpenuhi dan akan menyebabkan biaya lebih untuk pembelian lagi. Hitung dan tentukan total kebutuhan yang digunakan, karena dapat mempengaruhi diameter dan tipe pemilih.

Jika dilihat dari segi ukuran, untuk kebutuhan rumah tangga hanya dibutuhkan pipa dengan diameter “sampai 1”, sedangkan dalam ukuran “-1” sering digunakan untuk kebutuhan rumah besar dengan sistem reservoir, pipa dengan ukuran diameter 1 “-“. Standar ukuran ini berlaku untuk jenis pipa HDPE dan PVC.

Untuk besaran tekanan bisa memilih pipa tipe AW misalnya untuk tekanan sedang untuk membuang limbah, air hujan, dan lain-lain bisa menggunakan pipa tipe D. Jika kurang paham bisa tanya langsung ke penjualnya .

Proses koneksi dan penyesuaian

Untuk menghubungkan satu pipa dengan pipa lainnya, diperlukan aksesoris untuk proses penyambungan. Ada beberapa jenis sambungan yang bisa dibuat. Ada yang menggunakan perekat biasa atau menggunakan pelarut semen (lem) dan proses pemanasan. Kedua proses ini memiliki fungsi yang berbeda, tergantung dari jenis pipa yang digunakan.

Misalnya pipa PVC yang disambung dengan prosedur Solvent Cement, pipa PPR dan pipa PE-100 yang disambung dengan teknik peleburan (perfect compound). Jadi sebelum membeli sebaiknya Anda memperhatikan proses penyambungan ini.

Jika anda memerlukan fitting pipa di ibukota Jakarta, anda bisa menghubungi bagian customer service dari PT Andalas Mitra Global. Distributor fitting pipa yang sudah sangat berpengalaman ini akan memberikan anda solusi terbaik dalam penyediaan fitting pipa yang anda perlukan.