3 Perawatan Medis Terbaik Di Malaysia Saat Ini

Sementara Malaysia terkenal sebagai tujuan wisata populer karena banyak pemandangan alam dan sejarahnya, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Malaysia juga sama populernya dengan wisata medisnya.

Ketika kami mengatakan “wisata medis”, yang kami maksudkan sebenarnya bukan turis yang datang ke negara itu untuk berlibur, atau berkeliling, rumah sakit di negara tersebut. Wisata medis malah mengacu pada orang-orang dari luar negeri yang datang ke Malaysia untuk menerima perawatan medis.

Industri pariwisata medis Malaysia telah melihat peningkatan yang signifikan selama bertahun-tahun, dengan lebih dari 1,2 juta pelancong layanan kesehatan datang ke negara itu untuk mencari perawatan medis, mencatatkan pendapatan sebesar RM1,7 miliar. Ini semua berkat banyak inisiatif, program, dan organisasi pemerintah yang telah membantu membangun reputasi negara sebagai tujuan wisata kesehatan tepercaya di seluruh dunia, dengan fasilitas perawatan yang sangat baik, peralatan canggih, dan tarif perawatan yang sangat terjangkau dan pilihan.

Di bawah bimbingan pemerintah, bersama dengan Dewan Perjalanan Kesehatan Malaysia (MHTC), sebuah cetak biru dikembangkan untuk menetapkan peta jalan pariwisata medis untuk tahun 2021 hingga 2025, dengan harapan dapat menghasilkan keuntungan lebih lanjut untuk meningkatkan pariwisata medis di negara tersebut. Ini sangat penting karena negara ini sekarang memasuki fase endemik. Dengan dibukanya kembali perbatasan internasional untuk pelancong, diperkirakan pariwisata medis Malaysia akan melihat lebih banyak keuntungan karena menyambut pelancong medis sekali lagi.

Pelancong medis datang ke Malaysia mencari pilihan perawatan dan operasi khusus untuk kebutuhan perawatan kesehatan mereka, yang semuanya berasal dari berbagai penjuru dunia. Yang paling banyak dicari adalah:

Jantung

Malaysia diakui secara internasional sebagai pusat jantung terkemuka di Asia, serta sebagai pusat perawatan kanker yang unggul. Dengan akarnya yang tumbuh sejak tahun 1960-an, jantung Malaysia telah mengalami kemajuan pesat dalam hal pilihan perawatan, peningkatan tingkat pemulihan, layanan terbaik, dan peralatan medis terbaru.

National Heart Institute (IJN) didirikan pada tahun 1992 untuk membantu meningkatkan kemampuan negara dalam mengobati penyakit kardiovaskular melalui pendidikan, penelitian medis, dan kebijakan perawatan kesehatan. Berkat upaya mereka, IJN telah membantu Malaysia dalam mengejar dan mencapai, berbagai prestasi dalam memberikan perawatan kardiovaskular yang berkualitas. IJN juga telah merawat sekitar empat juta pasien dari seluruh dunia sejak didirikan.

Pada tahun 2020, IJN diakui sebagai rumah sakit jantung terbaik di Malaysia yang melakukan implan alat pacu jantung terkecil di dunia, alat pacu jantung Micra AV. Alat pacu jantung adalah alat yang digunakan untuk memperbaiki detak jantung yang tidak teratur pada seseorang. Ini telah membuka jalan bagi prosedur invasif yang lebih minimal untuk menanamkan alat pacu jantung yang sangat kecil, tanpa menimbulkan potensi konsekuensi kesehatan jangka panjang dari pemasangan alat pacu jantung tradisional.

Angiografi

Angiogram diambil selama proses ini, yang menggunakan sinar-X untuk mempelajari kondisi pembuluh darah dalam tubuh. Tes ini dilakukan untuk memeriksa kemungkinan penyumbatan di pembuluh darah, terutama arteri dan/atau vena utama. Ini akan membantu memberi tahu dokter tentang metode pengobatan yang tepat untuk digunakan untuk menyembuhkan penyakitnya.

Cangkok Bypass Arteri Koroner (CABG)

CABG adalah metode operasi jantung terbuka untuk mengobati penyakit jantung koroner yang parah. Prosedur ini melibatkan penggunaan cangkok, yaitu pembuluh darah yang diambil dari bagian lain tubuh Anda. Cangkok akan dipasang untuk membuat bypass yang mentransfer darah di sekitar bagian arteri utama yang menyempit atau tersumbat. Arteri yang menyempit atau tersumbat disebabkan oleh penumpukan timbunan lemak, yang mungkin disebabkan oleh aterosklerosis atau penyebab lainnya. Prosedur ini membantu meningkatkan aliran darah dan suplai oksigen ke jantung dengan sepenuhnya melewati arteri yang terkena.