Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa

Menurut OJK, asuransi jiwa terbagi menjadi beberapa jenis dengan manfaat yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi jiwa yang umumnya disediakan oleh perusahaan asuransi, antara lain:

Asuransi jiwa (asuransi jiwa berjangka)

Manfaat polis asuransi ini dapat dibayarkan jika terjadi kematian tertanggung dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan polis masih berlaku setelah kematian tertanggung. Bagaimana jika tertanggung tetap hidup sampai akhir jangka waktu yang ditentukan? Kemudian pemegang polis akan mendapatkan hak untuk melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa yang bersangkutan.

Asuransi jiwa seumur hidup (full life insurance)

Asuransi jenis ini diberikan kepada tertanggung tergantung dari kebijakan dan kondisi perusahaan asuransi, namun biasanya asuransi jenis ini mampu memberikan pertanggungan hingga pemegang polis mencapai usia 90 hingga 100 tahun. Manfaat dari asuransi ini adalah jaminan perlindungan seumur hidup dan manfaat nilai tunai. Dengan keunggulan tersebut, asuransi jiwa sangat ideal dipilih oleh mereka yang mungkin sedang mempersiapkan kebutuhan hidup di masa pensiun atau rencana keuangan lainnya.

asuransi dwiguna (endowment insurance)

Jenis asuransi ini biasanya menawarkan manfaat perlindungan yang dilengkapi dengan tabungan. Produk asuransi ini akan membagi porsi premi ke dalam rekening tabungan, lalu mengalokasikan sisanya untuk manfaat yang berlaku. Keunggulan dari produk ini adalah kemudahan untuk mencairkan uang pertanggungan sebelum berakhirnya masa pertanggungan atau berakhirnya masa pertanggungan. Selain itu, jika nasabah masih hidup sampai akhir masa aktif asuransi, maka uang pertanggungan dapat dikembalikan secara penuh. Oleh karena itu, jenis asuransi ini biasanya cocok untuk nasabah yang memiliki tujuan keuangan baik di awal maupun jangka panjang, seperti biaya pendidikan dan biaya pensiun.

Asuransi unit link

Jenis asuransi ini memadukan antara manfaat asuransi dan investasi. Dengan memilikinya, tertanggung dapat memperoleh manfaat perlindungan asuransi serta hasil investasi produk unit link di Indonesia yang umumnya dimiliki oleh perusahaan asuransi.

Premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah, yang pertama adalah pengelolaan premi dasar untuk tujuan proteksi, dan yang kedua adalah pengelolaan premi investasi yang umumnya dikelola oleh manajer investasi.

Tips memilih asuransi jiwa yang tepat

Memilih asuransi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan memang harus dilakukan dengan hati-hati. Oleh karena itu, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Pilih produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Periksa situasi keuangan Anda terlebih dahulu
  • Cari dan bandingkan kualitas produk
  • Pilih produk dari perusahaan terpercaya

Anda perlu memperhatikan semua rekomendasi yang kami berikan di atas, karena saat ini ada banyak sekali penyedia jasa asuransi yang tidak amanah. Anda harus berusaha menghindar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *